Jumat, 29 Juni 2012

Contoh laporan

LAPORAN KUNJUGAN DUNIA USAHA 

KE PPPPTK SELEMAN

YONGYAKARTA





DI SUSUN OLEH:
1.          M.ANWAR AFANDI
2.          ONGKI ANIF ROHMAN
3.          ARIK ISKANDAR


YAYASAN MASJID AGUNG GUMAWANG
SEKOLAH MENGAH KEJURUAN BISNIS DANMANAJEMEN
SMK TAKWA BELITANG
Jln.Marga Pemuka Bangsa Raja  Belitang kab.Oku Timur
SUMATRA SELATAN
Kode pos 32382 Telp. (0735) 451023, E-mail : smk_terpadutakwa@yahoo.co.id Tahun ajaran 2012/2013

.....................................................................................................

KATA PENGANTAR


   Puji syukur penyusun panjatkan kehdirat Allah SWT atas rahmat-Nya daatt menyelesaikan laporan ini dengan judul LAPORAN KUNJUNGAN DUNIA USAHA KE PPPPTK SELEMAN YOGYAKARTA meskipun jauh dari sempurna.

   Laporan ini merupakan syarat untuk mengikuti Ujian Nasional tahun pembelajaran 2012/2013 .Dan di susun secara sistematis ,
Pada kesempatan ini penyusun mengucapkan terimakasih kepada:
1.     Bapak Singeh Sudarmono S.Ag
2.     Ibu Eppy Marliana S.Pd selaku guru pembimibing dalam   
      penyususnan laporan ini.  
3.     Bapak Ibu Guru  yang telah membatu dalam penyusunan laporan.
4.     kedua orang tua yengtelah memberikan dorongan material dan spiritual.
5.     teman teman yang  telah membantu dalam penyusunan laporan.

Penyusun menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini masih banyak kesalahan sehubungan dengan itu penulis mohon maaf dan apabila ada kritik dan saran dari semua pihak penyusun terima demi sempurnanya laporan ini. Dan harapan penyusun semoga laporan ini dapat bermanfaat dan dapat di pergunakan sebagimana mestinya.

...................................................................................................


BAB I PENDAHULUAN

1.1     Gambaran Umum DUDI

1.1.1         Sejarah Singkat

   Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan atau P4TK SENI DAN BUDAYA  pertamakali berdiri pada 1 September tahun 1883 dengan nama PPPG KESENIAN , mengawali kegiatan di alun-alun selatan kraton Jogyakarta dan kemudian pada tanggal 1 Januari tahun 1988 kantor pindah di  Jalan kaliurang km.13.5 , Sleman , Jogyakarta .  
Bersasarkan peraturan menteri pendidikan nasional no.8 tahun 2007 tanggal 13 februari tentang pekerjaan pusat pengembangan dan pemberdayaan pendidikan dan tenaga kependidikan mempunyai tugas melaksanakan pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan khususya dalam bidang seni, keramik,kelompok seni rupa, kelompok seni murni, seni ukir, seni keramik dll.
Kerjasama dengan luar negri seperti :
Singapura dan malaysia .

...................................................................................................

1.1.2         Bidang Usaha
   Bidang usaha yang ada di P4TK SENI DAN BUDAYA ada banyak jenisnya seperti : kerajinan kayu, seni ukir, seni lukis,seni musik,seni keramik,kelompok seni murni, kelompok seni rupa ,seni kriya, seni batik,seni teater dll .

1.1.3         Kebijakan Pemasaran
   Kebijakan pemasaran yang berlaku di P4TK SENI DAN BUDAYA ini sesuai dengan target yang telah ditentukan , produk yang di hasilkan oleh P4TK SENI DAN BUDAYA tidak hanya saja di pasarkan di dalam negri , tetapi produk juga di ekspor ke luar negri seperti :
Singapora dan malaysia .

1.1.4         Kebijakan Keuangan
   Mengenai keuangan dalam sebuah usaha mempunyai kebijakan keuangan yang berbeda-beda dan Iklan merupakan sarana terbesar untuk memperoleh keuntungan dalam suatu media, seperti halnya pada P4TK SENI DAN BUDAYA .


...................................................................................................



1.2      Tujuan Kegiatan Studi DUDI

1.2.1          Tujuan Umum

   Tujuan umum mengunjungi dunia usaha P4TK SENI DAN BUDAYA ini di antaranya adalah :

1.     Untuk menambah wawasan mengenai DU/DI .
2.     Untuk menambah wawasan tentang perkembangan suatu daerah .
3.     Untuk menambah pengetahuan siswa agar nanti para siswa dapat  
     menerapkan apa yang di peroleh dari P4TK SENI DAN BUDAYA .
4.     Untuk melatih seorang siswa agar memicu adanya sifat berpikir kreatif
     yang nantinya akan di wujudkan dan akan menjadi usaha yang  
     menguntungkan .

1.2.2          Tujuan Khusus

Adapun tujuan khusus mengunjungi P4TK SENI DAN BUDAYA di antaranya:

1.     Untuk mengasah kemampuan sesuai yang kami dapatkan selama
     belajar program keahlian .
2.     Untuk mengetahui perkembangan suatu dunia industri yang berada di
     sekitar .
3.     Untuk mempelajari apa saja yang ada di P4TK SENI DAN BUDAYA
     agar kami dapat menerapkan di daerah kami .

1.3  Permasalahan Utama
Sesuai dengan program  sekolah kami , kegiatan dudi akan selalu dilaksanakan setiap setahun sekali , permasalah utama kami melakukan kunjungan dudi ke P4TK SENI DAN BUDAYA adalah untuk mendapatkan pengetahuan baru yang belum pernah kami dapatkan di sekolah kami dan untuk menambah wawasan bagi kami mengenai dunia usaha ataupun dunia bisnis .

 ...................................................................................................



BAB II ISI

       2.1 Kajian teori yang relevan

Salah satunya yaitu mengenai pembuatan guci , seni keramik yang bebahan baku tanah , tanah yang di peroleh kemudian dibawa masuk ke ruangan khusus pembuatan guci . tanah yang masih belum diapa-apakan itu kemudian di proses dengan menggunakan alat, tanah itu dibentuk sesuai dengan keinginan , setelah berbentuk guci , kemudian guci-guci itu di keringkan dengan cara meletakkan guci ke lantai atau di atas meja , lalu setelah kering , guci-guci itu di hias dan di cat dengan berbagai warna sehingga jadilah guci yang sangat cantik dan memiliki nilai jual yang tinggi . 

2.2 Metode survei / penelitian

Dalam pembuatan suatu laporan untuk mendapatkan suatu data yang kongrit banyak cara yang bisa digunakan , untuk kali ini penulis menggunakan beberapa metode unuk mendapatkan data, seperti :

1.                       Observasi , adalah pengumpulan data yang dilakukan dengan cara meninjau langsung ke tempat dimana data tersebut di peroleh .

2.                       Study kepustakaan , adalah proses pengumpulan data dilakukan dengan cara melihat atau membaca langsung pada buku panduan atau sunber yang ada .

2.2                  Proses kegiatan dudi

Proses kegiatan dudi berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana , kami juga melihat beberapa kerajinan yang kebetulan waktu itu para pembuatnya juga sedang membuat sebuah kerajinan keramik yang terbuat dari tanah . di situ kita juga bisa mencoba melakukanya.

       2.4 Hasil belajar 

Selama kami melakukan kegiatan dudi di P4TK SEN DAN BUDAYA kami  banyak sekali mendapatkan hal seperti :
Kami bisa tahu proses roses pembuatan produk secara langsung seperti proses pembuatan guci . kami juga di berikan kesempatan untuk bertanya mengenai apa saja yang ada di P4TK SENI DAN BUDAYA .

...................................................................................................                                                                                                

BAB III PENUTUP


       3.1 Kesimpulan

Berdasarkan data-data yang telah di muat dalam bab di atas penulis daat mengamil kesimpulan sebagai berikut :

1.                       dengan di adakanya penelitian di dunia bisnis maka  dapat menambah wawasan bagi setiap siswa .

2.                       dengan adanya kunjungan ke Dunia Usaha / Dunia Industri kita dapat mengetahui perkembangan dunia usaha yang berada di sekitar .


3.                       dengan adanya kunjungan ke Dunia Usaha / Dunia Industri banyak memberikan pengetahuan baru bagi para siswa .

       3.2 Saran-Saran

Ada beberapa saran yang ingin penulis sampaikan pada kesempatan ini diantaranya :

1.                       Hendaknya tempat kunjungan dunia usaha yang akan di kunjungi siswa harus benar-benar mempersiapakan segala keperluan yang nanti akan di pergunakan .

2.                       agar memaksimalkan lagi persiapan dalam mengadakan kunjungan ke Dunia Usaha / Dunia Industri di waktu yang akan datang .


...................................................................................................
                                                                               
Lampiran
                                                                                                      
1.                       Gambar